Kamis, 01 Februari 2018

5 KEGELAPAN DAN 5 PENERANGNYA

Dalam Hadist di terangkan Abu Bakar As Sidiq ra berkata ada 5 Kegelapan dan 5 Penerangnya
Oleh : Ustadz Iwan  Setiawan,S.Sos
1. Ubud dunya adalah bias segala kesalahan., silahkan mencari kehidupan di dunia tapi jangan lupakan kehidupan diakherat.
Jangan serakah, rakus , bermewah-mewah, sehingga terbelit utang misal : dari panci, alat rumah tangga yang dimiliki semua dari utang, senang menimbun/menyimpan barang.
Lebih baik barang ,baju yang tidak terpakai di sodaqohkan,berbuat baiklah dengan apa yang telah di beri Alloh.
Penerangnya adalah Taqwa;janganlah kita terbelenggu nafsu, usahakan kita selalu bertaqwa hal ini harus ada kerjasama dimulai antar keluarga saling mengingatkan kebaikan, sholat tepat waktu dengan tertib dan berjamaah, karena manusia di ciptakan untuk beribadah semata-mata bertaqwa kepada Alloh swt.
2. Dosa adalah kegelapan ; semua orang memiliki dosa ,baik dosa besar maupun dosa kecil, coba di ingat dari kita akil baligh berapa banyak dosa yang diperbuat dan berapa banyak amal sholehnya ? Ada yang senang pamer, ghibah , maksiat ,semua itu dosa.
Penerangnya Taubat; Alloh maha Maghfiroh /pengampun maka segeralah bertaubat mohon Ampunan kepada Alloh dan berupaya tidak melakukan dosa.
3. Kubur itu gelap  kecuali bagi orang-orang sholeh dan Penerangnya ; Laaillaha illalloh Muhammad rusululloh  ;itu kalimat yang harus sering kita baca agar semua pertanyaan di alam kubur bisa kita jawab.
4. Aherat itu juga kegelapan  bagi orang-orang tersesat dan Penerangnya Amal sholeh; maka teruslah berbuat kebaikan,kelak amal sholeh setiap orang  akan di filmkan dan begitu pula perbuatan buruk kelak akan di tunjukannya.
5. Shirozt/jalan juga  gelap dan Penerangnya adalah Aqidah atau keyakinan , yakin percaya kepada Alloh swt, selalu berprasangka baik dan bersyukur kepada Alloh .
Untuk menguatkan keyakinan atau aqidah kita seringlah beribadah, datang ke majelis ta'lim ikuti pengajian.

Semoga Alloh swt selalu memberi Penerangan kepada kita, Aamiin.

Ini tadi saya dengarkan pengajian/ceramah  ustaz Iwan ; mencoba menulis ulang dari yang saya ingat , selanjutnya mohon jika setelah kita pengajian coba ditulis ulang agar gerakan Literasi berjalan , jangan hanya bisa Copas tapi tulislah apa yang kita tahu Ciptakan keluarga Literasi yaitu keluarga yang senang mendengar, membaca dan menulis.

sumber : grup Wa PRA Giwangan ( bu zain)

0 komentar:

Posting Komentar