Jumat, 07 Juli 2017

PKPBA ITU APA YA?

PKPBA 170717
Apa PKPBA itu ? Adalah program baru dari sekolah dibawah kesiswaan dan guru PAI SMA N 1 Sewon, program ini  wajib bagi siswa yang beragama Islam kelas X. PKPBA singkatan dari Program penguatan karakter dan pendampingan Baca Al Quran.

Siapa yang bertanggungjawab program PKPBA? Yang bertanggung jawab program ini adalah waka kesiswaan, guru Agama Islam serta Tim PKPBA yang dibuat oleh Guru Agama Islam kurang lebih 30 siswa (putra/putri)

 Di mana pelaksanaan Program PKPBA  ? Tempat pelaksanaan PKPBA  ini adalah  Mushola dan kelas-kelas yang sudah disiapkan.

Kapan pelaksanaan Program PKPBA  ? Kegiatan PKPBA ini dilakukan secara klasikal dan kelompok kecil, 1 kelompok kurang lebih 8-10 orang. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat sebelum dan setelah sholat jumat.

Mengapa perlu ada Program PKPBA ?
Keprihatinan pihak sekolah banyak siswa beragama Islam yang masih belum bisa membaca Al Quran dan pelaksanaan sholat wajib. Program sangat diperlukan untuk melaksanakan visi misi sekolah yang relegius untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dan penanaman karakter  dalam kehidupan.
Selain itu kegiatan PKPBA ,
              1)    Pengontrolan ibadah anak dalam waktu 1 minggu
              2)    Penyampaian materi keIslaman secara klasikal
              3)    Gemaji (Gerakan mengaji) setiap hari
              4)    Pengamalan Asmaul Husna
              5)    Praktek Ibadah

Serta Bagaimana prosedur Program PKPBA ? Prosedur Program ini

Peserta didik baru  dites membaca Al Quran (iqro ) untuk penentuan kelas PKPBA,  Peserta didik WAJIB mengikuti kegiatan PKPBA, Apabila tidak mengikuti diharapkan izin,  Apabila peserta didik Alfa selama 3 x akan diadakan pemanggilan peserta didik untuk mendapatkan pembinaan, 1 kelompok akan di dampingi 1 mentor  dan dibawah pengawasan guru PAI,  1 kelompok terdiri dari 8-10 peserta didik,  Peserta didik akan mendapatkan kartu pengontrolan Gemaji dan target hafalan,   Program PKPBA di lakukan selama 1 tahun,  Kegiatan ini dilaksanakan 45-60 menit, Setiap semeter ada targetan yang harus di capai,  Ada sertifikat sebagai syarat kenaikan kelas di akhir semeter 2 sebagai pertimbangan nilai afektif PAI.


0 komentar:

Posting Komentar