Selasa, 08 November 2016

KOMUNITAS OWOJ SMASE 22072016

 
Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.

LATAR BELAKANG

Kondisi siswa siswi yang enggan membaca Al Quran. Siswa lebih sering memegang Hp yang ada media sosial dari pada membaca Al Quran. Memegang bahkan membaca media sosia di HP boleh asalkan ada waktunya. Adanya visi SMASE yang relegius mendorong kami selaku guru PAI perlu adanya gerakan membaca Al Quran. Keprhatinan kondisi tersebut melahirkan sebuah gerakan One week one juz atau disingkat OWOJ.

DASAR PELAKSANAAN KEGIATAN
Al Qur’an

Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. (Al muzamil ayat 4)
Hadist
Rasulullah SAW riwayat tirmidzi dari Ibnu Abbas
Dari Qatadah, dari Zurarah bin Awfa, dari Ibnu Abbas, beliau mengatakan : Seseorang bertanya kepada Rasulullah : Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah? Beliau menjawab : Al-Hal wal Murtahal. Orang ini bertanya lagi : Apa itu Al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah? Beliau menjawab : Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal. 
(HR. Tirmidzi)

IDE MUNCUL
OWOJ terinspirasi ODOJ (one day one juz). Kami memodifikasi ODOJ menjadi OWOJ karena untuk siswa yang baru belajar membutuhkan proses. Kami mempunyai program 1 minggu satu juz dengan harapan siswa setiap hari membaca walaupun beberapa baris bahkan lembar. Yang terpenting adalah istiqomah. Kegiatan OWOJ ini sudah pernah diterapakan diberbagi sekolah. Karena kegiatan ini berdampak positif  sehingga kami mencoba menerapak Owoj  di sekolah Smase ini.

KAPAN OWOJ MUNCUL
OWOJ SMASE 22072016. Singkatan dari One Week one juz (satu minggu satu juz), SMASE (SMAN 1 SEWON), Angka terakhir adalah tanggal dibuatnya grup 22 Juli 2016

BAGAIMANA METODE AWAL
Metode Awal, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut dalam kegiatan OWOJ. Kemudian koordinator membuat grup yang banyaknya anggotanya 30 orang. Alhamdulilah kegiatan OWOJ di Smase sudah terdiri 3 grup yang mengikuti. Ya dalam menjalankan kegiatan ini, kita harus optimis, bertahap dan istiqomah. Saat ini kegiatan OWOJ dikemas dengan kegiatan khotmil quran setiap minggunya. Diadakan pertemuan bada sholat jumat. Kegiatan diawali dengan pembukaan serta pengarahan dari pembina mengenai materi keislaman.  Acara selanjutnya dilanjutkan dengan  tadarus bersama dengan membaca alfatihah, surat Al Baqoroh ayat 255, 284-286, Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas. Kemudian pembacaan asmaul husna secara berjamaah, dan ditutup dengan doa Khotmil quran.  Acara terakhir adalah ramah tamah dan diakhiri penutup.

BERAPA LAMA MELAKUKAN OWOJ ?
Kegiatan OWOJ Smase sudah berjalan 3 bulan. Dan harus ada evaluasi sepanjang pelaksanaan. Agar kegiatan ini bisa lebih baik dalam setiap kegiatan.

RENCANA KEDEPAN
Rencana kedepan tetap ada, dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh warga sekolah yang beragama islam tergerak dengan membiasakan kegiatan tadarus Alquran ini. Dari siswa guru dan karyawan. Semua bersinergi dalam menanamkan nilai-nilai dan mengamalkan ajaran agama Islam.






0 komentar:

Posting Komentar